Pandangan Tentang K13

kurikulum-2013Perubahan kurikulum dirasa memang perlu menyelesaikan kebutuhan masyarakat dengan perkembangan zaman yang ada. Kurikulum Berbasis Kompetensi merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kompetensi dan hasil belajar serta pemberdayaan sumber daya pendidikan. Kurikulum Berbasis Kompetensi yang digunakan sebelumnya sebenarnya sudah baik karena telah mengembangkan kompetensi-kompetensi peserta didik pada setiap aspek mata pelajaran dan bukan pada penekanan penguasaan konten mata pelajaran itu sendiri.

Kelebihan dari kurikulum ini adalah mampu mendorong terwujudnya otonomi sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan serta mendorong para guru, kepala sekolah, dan pihak menejemen sekolah untuk semakin meningkatkan kteatifitasnya dalam penyelenggaraan program-program pendidikan dan dapat tercapainya pendidikan karakter.

Pengembangan selanjutnya yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang merupakan sebuah kurikulum operasional pendidikan yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan di Indonesia. Dengan kata lain, kurikulum yang diterapkan di satu sekolah akan berbeda dengan sekolah yang lain.

Setelah menengok kurikulum sebelumnyaserta membandingkan dengan kurikulum 2013, dapat sedikit disimpulkan bahwa kurikulum 2013 melecehkan kurikulum sekarang dan yang pernah berlaku sebelumnya. selain itu bahwa kurikulum 2013 tidak jelas arahnya mau dibawa kemana. Oleh karena itu, guru perlu menciptakan kegiatan yang dapat meningkatkan karakter peserta didik. Misalnya, karakter jujur dapat dilakukan dengan cara membiasakan peserta didik untuk mencantumkan sumber ketika mengambil suatu data dan sebagainya yang dijadikan suatu referensi. Karekter jujur juga dapat dilakukan dengan cara pengadaan kantin kejujuran serta kegiatan lain yang dapat menciptakan karakter jujur.

Dengan adanya perubahan kurikulum ini berarti pemerintah wajib melaksanakan pelatihan bagi guru-guru agar mereka dapat menciptakan kegiatan belajar yang mendukung. Pelatihan sangat penting supaya pelaksanaan kurikulum 2013 tidak sia-sia karena tujuan suatu pendidikan sangat bergantung pada pelaksanaannya.

 

 

Tinggalkan komentar